Powered by Blogger.

cara setting domain TLD Rumahweb.com di blogspot.com

Kali ini saya akan mencoba untuk mengulas bagaimana cara setting domain TLD di blogspot.com . Jika anda berniat ingin membeli domain seperti [dot]com , [dot]net , [dot]co.id dan lainnya, maka anda harus melakukan setting domain agar blog anda dapat diakses.

Ini adalah Contoh blogspot yang sudah di setting domain :
- http://blogkita.blogspot.com
Setelah di setting domain menjadi www.blogkita.com
- http://superblogman.blogspot.com
Setelah di setting domain maka berubah menjadi www.superblogman.com

Contoh Setting domain yang saya tuliskan disini adalah dengan menggunakan domain yang saya beli dari rumahweb, karena berhubung ada salah satu kawan yang minta dibuatkan tutorialnya, dan postingan kali ini sebenarnya saya khususkan untuk mba nur, tapi semoga saja postingan tutorial cara setting domain TLD di blogspot.com ini dapat berguna juga untuk teman-teman yang lainnya, yaa... Semogalah.
Ok... Now it's time to start Bro and Sis, berikut ini adalah cara setting domain TLD di blogspot.com melalui Rumahweb.

  • Untuk langkah pertama silahkan login ke situs tempat anda membeli domain, dan sebagai contoh saya gunakan rumahweb.com  silahkan login untuk masuk ke client area atau klik DISINI
  • Selanjutnya pilih "DOMAIN" --> "DOMAINKU". Pilihlah domain yg ingin anda setting untuk blogspot anda. Pastikan domain anda sudah aktif.
  • Selanjutnya pilih "MANAGE DOMAIN"
  • Selanjutnya pilih "MANAGEMENT TOOlS" --> "MANAGE DNS"
  • Lanjutkan dengan membuat "ADD NEW RECORD"
  • Buatlah "A RECORD" sebanyak 4 kali dengan memasukkan IP berikut ini :
- IP = 216.239.32.21 TTL = 14400 selanjutnya klik tombol Add Record. Setelah itu isi lagi dengan :
- IP = 216.239.34.21 TTL = 14400 selanjutnya klik tombol Add Record. Setelah itu isi lagi dengan :
- IP = 216.239.36.21 TTL = 14400 selanjutnya klik tombol Add Record. Setelah itu isi lagi dengan :
- IP = 216.239.38.21 TTL = 14400

Sampai disini, anggaplah selesai. Dan sebelum anda melanjutkan maka terlebih dahulu anda masuk ke akun blogspot anda untuk mendapatkan kode hosting blogspot anda, karena kode ini sangat penting untuk bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya. Untuk mendapatkan kode hosting blogspot anda caranya yaitu :

Masuklah ke Blogger --> Setelan --> Dasar --> untuk mengganti alamat blog anda dengan domain khusus, seperti gambar dibawah ini. Kemudian tekan "SIMPAN".
Maka akan muncul kode hosting blogspot anda seperti ini, kemudian copy kode tersebut, dan lanjutkan dengan langkah ketujuh.
  • Buatlah kembali "ADD NEW RECORD" tapi kali ini bukan untuk "A RECORD" tapi untuk "C NAME"  masukkan kode sebelah kiri kedalam kotak "Domain" dan masukkan kode sebelah kanan kedalam kotak "Hostname" lalu simpan.
Kemudian masuk kembali ke blogspot dan kemudian tekan simpan, dan Selesai sudah
setting domain TLD di blogspot.com
Untuk hasil setting domain biasanya butuh waktu 1 x 24 jam, jadi tunggu sampai pengaturan berubah dengan otomatis. Semoga tutorial ini dapat membantu.
Back To Top